Posted by: rudihd | June 13, 2007

Perangkat Keras Komputer – Process Device

Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan  sampai jutaan IC. Fungsi utama dari CPU bekerja dengan aritmatika dan logika terhadap data yang terdapat dalam memori atau yang dimasukkan melalui unit masukkan seperti  keyboard, scanner, atau joystick. Kecepatan processor atau CPU ini diukur dengan satuan hitung hertz atau clock cycles. Saat ini, komputer memiliki kecepatan processor sampai giga hertz. 1 Giga Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt. Perkembangannya processor yang pertama kali muncul tahun 1990-an adalah pentium dengan kecepatan 75 Mega Hertz, dan saat ini kecepatannya sudah mencapai 3 Giga Hertz lebih dengan processor Pentium IV. Seiring dengan kecepatan Pentium IV, telah pula diperkenalkan processor dengan teknologi mobile yaitu Centrino (Pentium M – Centrino) jenis processor ini baru terdapat pada komputer-komputer built up, laptop, notebook. Saat ini, processor yang terbaru adalah Dual Core (Core Duo). Processor ini memiliki dua kecepatan giga hertz seperti memiliki dua processor. Beberapa produsen processor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPU bekerja berdasarkan instruksi suatu software, atau instruksi suatu program

 a.      ALU ( Arithmetical Logical Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Sirkuit yang digunakan oleh ALU ini disebut dengan adder karena operasi yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaitu operasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :

  •  Sama dengan (=)
  •   Tidak sama dengan ( <> )
  • Kurang dari ( < )
  • Kurang atau sama dengan dari ( <= )
  • Lebih besar dari ( > )
  • Lebih besar atau sama dengan dari ( >= ) 

 b.      CU ( Control Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer. Bila terdapat instruksi perhitungan atau logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Dengan demikian tugas dari Control Unit ini adalah :

  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
  • Mengambil instruksi-instruk dari memori utama
  • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses
  • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
  •  Menyimpan hasil proses ke memori utama. Fungsi  peralatan yang terdapat dalam CPU dibagi menjadi 3 Macam yaitu :

a.      Peralatan Proses ( Process Storage)

Peralatan Proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan data. Yang termasuk peralatan proses adalah sebagai berikut.

 1.)    Processor Alat ini berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakan bagian yang sangat penting dalam komputer. Kehandalan suatu komputer dapat dilihat dari processor yang digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4, AMD, Centrino dan Core Duo. Semakin tinggi tingkatan processor-nya semakin baik fungsi komputer tersebut. 
2.)    Register Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai memori internal processor. Register merupakan memori yang mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama. 
3.)    Cache memoriMerupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara. 
4.)    ROM ( Read Only Memory)Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile). ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.Sebagian perintah ROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa instruksi atau syntax-syntax. Misalnya, untuk melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket atau harddisk dengan CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati listrik, file pada ROM tidak akan hilang. Instruksi yang tersimpan dalam ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari ROM hilang atau rusak maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh karena itu pabrik komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat dirubah. Selain ROM terdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali yaitu PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan tidak dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis lain yang disebut dengan EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang. Dan jenis yang disebut EEPROM (Electrically Erasable Programmabel Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat deprogram kembali. 
5.)    RAM ( Random Access Memory )Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara. Sifat sementara  ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka data yang berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat anda mengetik yang ketikan telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam disket atau harddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM. Bila terjadi mati listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang,  Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu :

  •  Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
  • Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
  • Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan menyimpan hasil pengolahan.
  •  Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output. Berdasarkan struktur RAM tersebut, data yang diinput ke dalam sistem komputer akan ditampung ke dalam input storage, bila data dalam bentuk instruksi program maka akan dimasukkan ke dalam program storage, dan bila dalam bentuk data dan hasil pengolahan data maka akan dimasukkan ke working storage, kemudian sebelum data akan ditampilkan atau output maka akan disimpan ke dalam output storage. 

Terdapat beberapa jenis RAM  yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu : 

1.      FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory), RAM  yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.

2.      EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz

3.      BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.

4.      SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.

5.      RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.

6.  DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.

Sumber : Buku TIK – Jilid 1 (KTSP) : Penulis Rudi Hidayat – Penerbit Erlangga.

About these ads

Responses

  1. Salam kenal pak Rudi. Anda penulis buku TIK di penerbit Erlangga?

  2. kirimin ke mail aku tentang perangkat2 dan komponen-komponen untuk CPU

  3. gatel raimu cok ojok rame ae cok

  4. mbojoi tok

  5. Om rudi thanks yaw buat prangkat kerasnya untung ada om rudi nyarinya jadi gampang……^^ bizna tik disini kadang2 susah….om sekalian aj gandaiin perangkat kerasnya… makasih skhool 65^^

  6. cok mbojok tok koen suw

  7. what did you say Mr ?? kentot loe boong mulu dasar ngipol tok bokong loe !!

  8. kasi gambarnya dong? biar jelas…!

  9. makasih ya atas informasinya. berkat bpak tugas saya cepat selesai

  10. tolong diperbaharui kalo gini doank wat apa

  11. no comment,this document is so cool

  12. pak skali kali krmi aq info ya tentang perangkat keras

  13. Artikel anda ok> Mhn Lengkapi dengan perangkat yg UP to date

  14. [...] no responses Perangkat Keras Komputer – Process Device [...]

  15. Saya sangat tertarik sekali dengan berita yang anda publikasikan, saya mempunyai permintaan, bisakah saya dikirimkan artikel mengenai teknik perancangan atau pembuatan RAM dari awal hingga akhir.Terimakasih

  16. Salam kenal pak…
    Saya dari politeknik Piksi ganesha…
    saya mau nanya….

    Apakah Pengertian dari Processing device??

    terimakasih

  17. Processing device atau perangkat pemroses adalah unit-unit dari hardware yang bekerja dengan melakukan suatu proses menggunakan memori dan chip. Sebenarnya, peralatan pemroses bukan hanya Processor tetapi VGA Card, Capture Card, SoundCard dll yang menggunakan chip atau memori.

  18. Terima kasih atas support Anda.

  19. hUUy..thNQ yUa..tuGaS pEljRan cOmpTr gUw cpeT cleCai..n kLo mU bKa dCini jaaH..cZ gUw sCooL d YUPpeNteK..yAyAsN pNdiDikaN tEkhNologi..

    • aWaZzZ nT tDk Bl3 jWb ZeCh……..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  20. tolong kirimin berita com yg baru k email saya yach .

  21. ko gak lengkap

  22. Nanti kalau sudah gak sibuk, akan dilengkapi semuanya…

  23. Artikelnya bagus….
    Tapi, GamBarnYa mAnA…..????

  24. Thanx banget…
    Coz,,
    Tugas TIK saya jadi cpet slsai…

  25. Salam kenal Pak Rudi, saya masih membutuhkan tulisan-tulisan yang fariatif lagi dari Pak Rudi.

  26. minal aidzin pak Rudi…….arti dari AMD INTEL,DDR1,DDR2,DDR3 Pada memori apa ya pak

  27. salam kenal pak.
    wah sayang tugas saya harus dikumpul besok,jadi percuma deh rasanya saya nanyain tugas saya malam ini.kapan-kapan aja ya pak..
    artikelnya bagus juga..@_@’

  28. Wah, informasinya cukum membantu menambah pengatahuan menganai komputer, terimakasih infomasinya !

  29. kapasitas VGA itu sebesar pac

  30. khguygxuyguihkjbvyfxdygixjbjbsxvqhcxgvkxsxxsx

  31. informaci x kkurang lengkap jeeeeeeeeeek!!!!!!!!!!!!!

  32. thQ y ats informasi na

  33. supra

  34. SAYA MENGELUH ANAK SAYA FERA ANDRIYANTO SUKA MENAIKI MOTOR MIO

  35. KOK

  36. :)
    gud

  37. lengkap betul ya…. lumayan buat contekan uas.. heeh

  38. wong edaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuunnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuukkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  39. thankzz

  40. terima kasih atas informasinya.semoga tambah pintar

  41. tolong ksih penjelasan yang lngkp supaya lbh ngerti

  42. Ass.wr.wb.slm knal.kak saya maw mnt tlg donk krmin penjelasan tentang perangkat keras proses ROM,dan SOUNDCARD beserta gambarnya yach.pliz tlg

  43. FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory), RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.

    2. EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz

    3. BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.

    4. SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.

    5. RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.

    6. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.

    Sumber : Buku TIK – Jilid 1 (KTSP) : Penulis Rudi Hidayat – Penerbit Erlangga.

    Possibly related posts: (automatically generated)

    * Teknik Menjadi Admin Pada Windows NT

    Posted in ICT For High School
    « Perangkat Keras Komputer – Input Device
    Console Unit (Port) Komputer »

    Responses

    1.

    Salam kenal pak Rudi. Anda penulis buku TIK di penerbit Erlangga?
    *

    By: enggar on July 5, 2007
    at 4:40 am

    Reply

    2.

    kirimin ke mail aku tentang perangkat2 dan komponen-komponen untuk CPU
    *

    By: ShasYa on July 27, 2007
    at 2:05 am

    Reply

    3.

    gatel raimu cok ojok rame ae cok
    *

    By: ega on July 30, 2007
    at 5:48 am

    Reply

    4.

    mbojoi tok
    *

    By: jarwo on July 30, 2007
    at 5:49 am

    Reply

    5.

    Om rudi thanks yaw buat prangkat kerasnya untung ada om rudi nyarinya jadi gampang……^^ bizna tik disini kadang2 susah….om sekalian aj gandaiin perangkat kerasnya… makasih skhool 65^^
    *

    By: busairi on August 1, 2007
    at 12:28 am

    Reply

    6.

    cok mbojok tok koen suw
    *

    By: dhior antalimar on August 2, 2007
    at 5:33 am

    Reply

    7.

    what did you say Mr ?? kentot loe boong mulu dasar ngipol tok bokong loe !!
    *

    By: andika ganteng on August 2, 2007
    at 5:52 am

    Reply

    8.

    kasi gambarnya dong? biar jelas…!
    *

    By: amy on August 5, 2007
    at 5:22 am

    Reply

    9.

    makasih ya atas informasinya. berkat bpak tugas saya cepat selesai
    *

    By: dessy on August 5, 2007
    at 6:48 am

    Reply

    10.

    tolong diperbaharui kalo gini doank wat apa
    *

    By: bobz on August 7, 2007
    at 6:40 am

    Reply

    11.

    no comment,this document is so cool
    *

    By: mico on September 5, 2007
    at 12:40 pm

    Reply

    12.

    pak skali kali krmi aq info ya tentang perangkat keras
    *

    By: mico on September 5, 2007
    at 12:41 pm

    Reply

    13.

    Artikel anda ok> Mhn Lengkapi dengan perangkat yg UP to date
    *

    By: Dadan Teja S on September 16, 2007
    at 8:01 am

    Reply

    14.

    [...] no responses Perangkat Keras Komputer – Process Device [...]
    *

    By: Peralatan Proses « TIK SMA N 1 SALAMAN on October 2, 2007
    at 3:07 am

    Reply

    15.

    Saya sangat tertarik sekali dengan berita yang anda publikasikan, saya mempunyai permintaan, bisakah saya dikirimkan artikel mengenai teknik perancangan atau pembuatan RAM dari awal hingga akhir.Terimakasih
    *

    By: Muhammad Ibrahim on October 2, 2007
    at 7:18 am

    Reply

    16.

    Salam kenal pak…
    Saya dari politeknik Piksi ganesha…
    saya mau nanya….

    Apakah Pengertian dari Processing device??

    terimakasih
    *

    By: fajar on October 30, 2007
    at 9:33 am

    Reply

    17.

    Processing device atau perangkat pemroses adalah unit-unit dari hardware yang bekerja dengan melakukan suatu proses menggunakan memori dan chip. Sebenarnya, peralatan pemroses bukan hanya Processor tetapi VGA Card, Capture Card, SoundCard dll yang menggunakan chip atau memori.
    *

    By: Rudi Hidayat on October 31, 2007
    at 3:03 am

    Reply

    18.

    Terima kasih atas support Anda.
    *

    By: Rudi Hidayat on October 31, 2007
    at 3:04 am

    Reply

    19.

    hUUy..thNQ yUa..tuGaS pEljRan cOmpTr gUw cpeT cleCai..n kLo mU bKa dCini jaaH..cZ gUw sCooL d YUPpeNteK..yAyAsN pNdiDikaN tEkhNologi..
    *

    By: feBiatscOoLpenTek on November 3, 2007
    at 1:31 pm

    Reply

    20.

    tolong kirimin berita com yg baru k email saya yach .
    *

    By: gersom on November 9, 2007
    at 2:01 pm

    Reply

    21.

    ko gak lengkap
    *

    By: aRum_fajaR on December 6, 2007
    at 9:43 am

    Reply

    22.

    Nanti kalau sudah gak sibuk, akan dilengkapi semuanya…
    *

    By: Rudi on December 6, 2007
    at 9:51 am

    Reply

    23.

    Artikelnya bagus….
    Tapi, GamBarnYa mAnA…..????
    *

    By: Novie… on September 7, 2008
    at 2:14 pm

    Reply

    24.

    Thanx banget…
    Coz,,
    Tugas TIK saya jadi cpet slsai…
    *

    By: arisndhi on September 20, 2008
    at 7:13 am

    Reply

    25.

    Salam kenal Pak Rudi, saya masih membutuhkan tulisan-tulisan yang fariatif lagi dari Pak Rudi.
    *

    By: zulrahmat on September 22, 2008
    at 6:26 am

    Reply

    26.

    minal aidzin pak Rudi…….arti dari AMD INTEL,DDR1,DDR2,DDR3 Pada memori apa ya pak
    *

    By: plankton on October 8, 2008
    at 4:13 am

    Reply

    27.

    salam kenal pak.
    wah sayang tugas saya harus dikumpul besok,jadi percuma deh rasanya saya nanyain tugas saya malam ini.kapan-kapan aja ya pak..
    artikelnya bagus juga..@_@’
    *

    By: agud on October 9, 2008
    at 4:53 pm

    Reply

    28.

    Wah, informasinya cukum membantu menambah pengatahuan menganai komputer, terimakasih infomasinya !
    *

    By: Fungsi Komputer on October 15, 2008
    at 8:13 pm

    Reply

    29.

    kapasitas VGA itu sebesar pac
    *

    By: ardy on October 28, 2008
    at 1:43 am

    Reply

    30.

    khguygxuyguihkjbvyfxdygixjbjbsxvqhcxgvkxsxxsx
    *

    By: kumairoh edan on October 28, 2008
    at 1:02 pm

    Reply

    31.

    informaci x kkurang lengkap jeeeeeeeeeek!!!!!!!!!!!!!
    *

    By: harry potteer on December 24, 2008
    at 6:17 am

    Reply

    32.

    thQ y ats informasi na
    *

    By: anggi on February 8, 2009
    at 2:04 pm

    Reply

    33.

    supra
    *

    By: eko on March 6, 2009
    at 1:09 am

    Reply

    34.

    SAYA MENGELUH ANAK SAYA FERA ANDRIYANTO SUKA MENAIKI MOTOR MIO
    *

    By: JUmiyo Combo on March 6, 2009
    at 1:12 am

    Reply

    35.

    KOK
    *

    By: JUmiyo Combo on March 6, 2009
    at 1:13 am

    Reply

    36.

    :)
    gud
    *

    By: mtienz on April 7, 2009
    at 2:44 am

    Reply

    37.

    lengkap betul ya…. lumayan buat contekan uas.. heeh
    *

    By: e_dhoy12 on June 13, 2009
    at 1:30 am

    Reply

    38.

    wong edaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    *

    By: hermawan on July 25, 2009
    at 6:03 am

    Reply

    *

    mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuunnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuukkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk
    o

    By: hermawan on July 25, 2009
    at 6:24 am

    Reply

    39.

    thankzz
    *

    By: raysa laga on July 31, 2009
    at 12:08 am

    Reply

    40.

    terima kasih atas informasinya.semoga tambah pintar
    *

    By: ichal on August 20, 2009
    at 1:57 pm

    Reply

    41.

    tolong ksih penjelasan yang lngkp supaya lbh ngerti
    *

    By: malla on August 23, 2009
    at 3:42 am

    Reply

    42.

    Ass.wr.wb.slm knal.kak saya maw mnt tlg donk krmin penjelasan tentang perangkat keras proses ROM,dan SOUNDCARD beserta gambarnya yach.pliz tlg
    *

    By: uwwnie warwir on August 29, 2009
    at 5:27 am

    Reply

    Snap Shots Options [Make this Shot larger] [Close]
    Options
    Disable
    Get Free Shots

    Close
    Snap Shares for charity
    Rudi Hidayat – All About ICT
    Rudi Hidayat

    * Comments
    * My Profile’s

    Posted by: rudihd | June 13, 2007
    Perangkat Keras Komputer – Process Device

    Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC. Fungsi utama dari CPU bekerja dengan aritmatika dan logika terhadap data yang terdapat dalam memori atau yang dimasukkan melalui unit masukkan seperti keyboard, scanner, atau joystick. Kecepatan processor atau CPU ini diukur dengan satuan hitung hertz atau clock cycles. Saat ini, komputer memiliki kecepatan processor sampai giga hertz. 1 Giga Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt. Perkembangannya processor yang pertama kali muncul tahun 1990-an adalah pentium dengan kecepatan 75 Mega Hertz, dan saat ini kecepatannya sudah mencapai 3 Giga Hertz lebih dengan processor Pentium IV. Seiring dengan kecepatan Pentium IV, telah pula diperkenalkan processor dengan teknologi mobile yaitu Centrino (Pentium M – Centrino) jenis processor ini baru terdapat pada komputer-komputer built up, laptop, notebook. Saat ini, processor yang terbaru adalah Dual Core (Core Duo). Processor ini memiliki dua kecepatan giga hertz seperti memiliki dua processor. Beberapa produsen processor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPU bekerja berdasarkan instruksi suatu software, atau instruksi suatu program.

    a. ALU ( Arithmetical Logical Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Sirkuit yang digunakan oleh ALU ini disebut dengan adder karena operasi yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaitu operasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :

    * Sama dengan (=)
    * Tidak sama dengan ( )
    * Kurang dari ( < )
    * Kurang atau sama dengan dari ( )
    * Lebih besar atau sama dengan dari ( >= )

    b. CU ( Control Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer. Bila terdapat instruksi perhitungan atau logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Dengan demikian tugas dari Control Unit ini adalah :

    * Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
    * Mengambil instruksi-instruk dari memori utama
    * Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses
    * Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
    * Menyimpan hasil proses ke memori utama. Fungsi peralatan yang terdapat dalam CPU dibagi menjadi 3 Macam yaitu :

    a. Peralatan Proses ( Process Storage)

    Peralatan Proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan data. Yang termasuk peralatan proses adalah sebagai berikut.

    1.) Processor Alat ini berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakan bagian yang sangat penting dalam komputer. Kehandalan suatu komputer dapat dilihat dari processor yang digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4, AMD, Centrino dan Core Duo. Semakin tinggi tingkatan processor-nya semakin baik fungsi komputer tersebut.
    2.) Register Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai memori internal processor. Register merupakan memori yang mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.
    3.) Cache memoriMerupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
    4.) ROM ( Read Only Memory)Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile). ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.Sebagian perintah ROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa instruksi atau syntax-syntax. Misalnya, untuk melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket atau harddisk dengan CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati listrik, file pada ROM tidak akan hilang. Instruksi yang tersimpan dalam ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari ROM hilang atau rusak maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh karena itu pabrik komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat dirubah. Selain ROM terdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali yaitu PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan tidak dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis lain yang disebut dengan EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang. Dan jenis yang disebut EEPROM (Electrically Erasable Programmabel Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat deprogram kembali.
    5.) RAM ( Random Access Memory )Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara. Sifat sementara ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka data yang berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat anda mengetik yang ketikan telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam disket atau harddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM. Bila terjadi mati listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang, Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu :

    * Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
    * Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
    * Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan menyimpan hasil pengolahan.
    * Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output. Berdasarkan struktur RAM tersebut, data yang diinput ke dalam sistem komputer akan ditampung ke dalam input storage, bila data dalam bentuk instruksi program maka akan dimasukkan ke dalam program storage, dan bila dalam bentuk data dan hasil pengolahan data maka akan dimasukkan ke working storage, kemudian sebelum data akan ditampilkan atau output maka akan disimpan ke dalam output storage.

    Terdapat beberapa jenis RAM yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :

    1. FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory), RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.

    2. EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz

    3. BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.

    4. SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.

    5. RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.

    6. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.

    Sumber : Buku TIK – Jilid 1 (KTSP) : Penulis Rudi Hidayat – Penerbit Erlangga.

    Possibly related posts: (automatically generated)

    * Teknik Menjadi Admin Pada Windows NT

    Posted in ICT For High School
    « Perangkat Keras Komputer – Input Device
    Console Unit (Port) Komputer »

    Responses

    1.

    Salam kenal pak Rudi. Anda penulis buku TIK di penerbit Erlangga?
    *

    By: enggar on July 5, 2007
    at 4:40 am

    Reply

    2.

    kirimin ke mail aku tentang perangkat2 dan komponen-komponen untuk CPU
    *

    By: ShasYa on July 27, 2007
    at 2:05 am

    Reply

    3.

    gatel raimu cok ojok rame ae cok
    *

    By: ega on July 30, 2007
    at 5:48 am

    Reply

    4.

    mbojoi tok
    *

    By: jarwo on July 30, 2007
    at 5:49 am

    Reply

    5.

    Om rudi thanks yaw buat prangkat kerasnya untung ada om rudi nyarinya jadi gampang……^^ bizna tik disini kadang2 susah….om sekalian aj gandaiin perangkat kerasnya… makasih skhool 65^^
    *

    By: busairi on August 1, 2007
    at 12:28 am

    Reply

    6.

    cok mbojok tok koen suw
    *

    By: dhior antalimar on August 2, 2007
    at 5:33 am

    Reply

    7.

    what did you say Mr ?? kentot loe boong mulu dasar ngipol tok bokong loe !!
    *

    By: andika ganteng on August 2, 2007
    at 5:52 am

    Reply

    8.

    kasi gambarnya dong? biar jelas…!
    *

    By: amy on August 5, 2007
    at 5:22 am

    Reply

    9.

    makasih ya atas informasinya. berkat bpak tugas saya cepat selesai
    *

    By: dessy on August 5, 2007
    at 6:48 am

    Reply

    10.

    tolong diperbaharui kalo gini doank wat apa
    *

    By: bobz on August 7, 2007
    at 6:40 am

    Reply

    11.

    no comment,this document is so cool
    *

    By: mico on September 5, 2007
    at 12:40 pm

    Reply

    12.

    pak skali kali krmi aq info ya tentang perangkat keras
    *

    By: mico on September 5, 2007
    at 12:41 pm

    Reply

    13.

    Artikel anda ok> Mhn Lengkapi dengan perangkat yg UP to date
    *

    By: Dadan Teja S on September 16, 2007
    at 8:01 am

    Reply

    14.

    [...] no responses Perangkat Keras Komputer – Process Device [...]
    *

    By: Peralatan Proses « TIK SMA N 1 SALAMAN on October 2, 2007
    at 3:07 am

    Reply

    15.

    Saya sangat tertarik sekali dengan berita yang anda publikasikan, saya mempunyai permintaan, bisakah saya dikirimkan artikel mengenai teknik perancangan atau pembuatan RAM dari awal hingga akhir.Terimakasih
    *

    By: Muhammad Ibrahim on October 2, 2007
    at 7:18 am

    Reply

    16.

    Salam kenal pak…
    Saya dari politeknik Piksi ganesha…
    saya mau nanya….

    Apakah Pengertian dari Processing device??

    terimakasih
    *

    By: fajar on October 30, 2007
    at 9:33 am

    Reply

    17.

    Processing device atau perangkat pemroses adalah unit-unit dari hardware yang bekerja dengan melakukan suatu proses menggunakan memori dan chip. Sebenarnya, peralatan pemroses bukan hanya Processor tetapi VGA Card, Capture Card, SoundCard dll yang menggunakan chip atau memori.
    *

    By: Rudi Hidayat on October 31, 2007
    at 3:03 am

    Reply

    18.

    Terima kasih atas support Anda.
    *

    By: Rudi Hidayat on October 31, 2007
    at 3:04 am

    Reply

    19.

    hUUy..thNQ yUa..tuGaS pEljRan cOmpTr gUw cpeT cleCai..n kLo mU bKa dCini jaaH..cZ gUw sCooL d YUPpeNteK..yAyAsN pNdiDikaN tEkhNologi..
    *

    By: feBiatscOoLpenTek on November 3, 2007
    at 1:31 pm

    Reply

    20.

    tolong kirimin berita com yg baru k email saya yach .
    *

    By: gersom on November 9, 2007
    at 2:01 pm

    Reply

    21.

    ko gak lengkap
    *

    By: aRum_fajaR on December 6, 2007
    at 9:43 am

    Reply

    22.

    Nanti kalau sudah gak sibuk, akan dilengkapi semuanya…
    *

    By: Rudi on December 6, 2007
    at 9:51 am

    Reply

    23.

    Artikelnya bagus….
    Tapi, GamBarnYa mAnA…..????
    *

    By: Novie… on September 7, 2008
    at 2:14 pm

    Reply

    24.

    Thanx banget…
    Coz,,
    Tugas TIK saya jadi cpet slsai…
    *

    By: arisndhi on September 20, 2008
    at 7:13 am

    Reply

    25.

    Salam kenal Pak Rudi, saya masih membutuhkan tulisan-tulisan yang fariatif lagi dari Pak Rudi.
    *

    By: zulrahmat on September 22, 2008
    at 6:26 am

    Reply

    26.

    minal aidzin pak Rudi…….arti dari AMD INTEL,DDR1,DDR2,DDR3 Pada memori apa ya pak
    *

    By: plankton on October 8, 2008
    at 4:13 am

    Reply

    27.

    salam kenal pak.
    wah sayang tugas saya harus dikumpul besok,jadi percuma deh rasanya saya nanyain tugas saya malam ini.kapan-kapan aja ya pak..
    artikelnya bagus juga..@_@’
    *

    By: agud on October 9, 2008
    at 4:53 pm

    Reply

    28.

    Wah, informasinya cukum membantu menambah pengatahuan menganai komputer, terimakasih infomasinya !
    *

    By: Fungsi Komputer on October 15, 2008
    at 8:13 pm

    Reply

    29.

    kapasitas VGA itu sebesar pac
    *

    By: ardy on October 28, 2008
    at 1:43 am

    Reply

    30.

    khguygxuyguihkjbvyfxdygixjbjbsxvqhcxgvkxsxxsx
    *

    By: kumairoh edan on October 28, 2008
    at 1:02 pm

    Reply

    31.

    informaci x kkurang lengkap jeeeeeeeeeek!!!!!!!!!!!!!
    *

    By: harry potteer on December 24, 2008
    at 6:17 am

    Reply

    32.

    thQ y ats informasi na
    *

    By: anggi on February 8, 2009
    at 2:04 pm

    Reply

    33.

    supra
    *

    By: eko on March 6, 2009
    at 1:09 am

    Reply

    34.

    SAYA MENGELUH ANAK SAYA FERA ANDRIYANTO SUKA MENAIKI MOTOR MIO
    *

    By: JUmiyo Combo on March 6, 2009
    at 1:12 am

    Reply

    35.

    KOK
    *

    By: JUmiyo Combo on March 6, 2009
    at 1:13 am

    Reply

    36.

    :)
    gud
    *

    By: mtienz on April 7, 2009
    at 2:44 am

    Reply

    37.

    lengkap betul ya…. lumayan buat contekan uas.. heeh
    *

    By: e_dhoy12 on June 13, 2009
    at 1:30 am

    Reply

    38.

    wong edaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    *

    By: hermawan on July 25, 2009
    at 6:03 am

    Reply

    *

    mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuunnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuukkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk
    o

    By: hermawan on July 25, 2009
    at 6:24 am

    Reply

    39.

    thankzz
    *

    By: raysa laga on July 31, 2009
    at 12:08 am

    Reply

    40.

    terima kasih atas informasinya.semoga tambah pintar
    *

    By: ichal on August 20, 2009
    at 1:57 pm

    Reply

    41.

    tolong ksih penjelasan yang lngkp supaya lbh ngerti
    *

    By: malla on August 23, 2009
    at 3:42 am

    Reply

    42.

    Ass.wr.wb.slm knal.kak saya maw mnt tlg donk krmin penjelasan tentang perangkat keras proses ROM,dan SOUNDCARD beserta gambarnya yach.pliz tlg
    *

    By: uwwnie warwir on August 29, 2009
    at 5:27 am

    Reply

    Leave a response
    Click here to cancel reply.

    Name*

    Email*

    Website

    Your response:

    Notify me of follow-up comments via email.
    Categories

    * Hacking
    * ICT For High School
    * MGMP Activity
    * News Public
    * News Technology

    Calendar
    June 2007 M T W T F S S
    « May Aug »
    1 2 3
    4 5 6 7 8 9 10
    11 12 13 14 15 16 17
    18 19 20 21 22 23 24
    25 26 27 28 29 30
    a
    Blog Stats

    * 200,353 hits

    Page

    * Comments
    * My Profile’s

    Link Partner

    * Blog Vilia Meyana
    * Dikmenti DKI
    * e-dukasi.net
    * Free Pascal
    * Ilmu Komputer
    * Milis MGMP TIK SMA DKI
    * SMAN 47 Jakarta
    * toki.or.id

    Top Clicks

    * rudihd.files.wordpress.co…
    * rudihd.files.wordpress.co…
    * wulan666.wordpress.com/20…
    * rudihd.files.wordpress.co…
    * rudihd.files.wordpress.co…
    * rudihd.files.wordpress.co…
    * rudihd.files.wordpress.co…
    * irmazchi.wordpress.com/20…
    * rudihd.files.wordpress.co…
    * rudihd.files.wordpress.co…

    Archives

    * March 2009 (2)
    * November 2008 (1)
    * July 2008 (1)
    * April 2008 (1)
    * March 2008 (1)
    * February 2008 (1)
    * November 2007 (1)
    * October 2007 (1)
    * August 2007 (1)
    * June 2007 (1)
    * May 2007 (2)
    * April 2007 (6)
    * March 2007 (4)

    Your Comments
    dewiig on Perangkat Keras Komputer …
    oche on Perangkat Keras Komputer …
    oche on Perangkat Keras Komputer …
    uwwnie warwir on Perangkat Keras Komputer …
    asman wijaya on Perangkat Keras Komputer …
    Recent Posts

    * Fiber Optic
    * Sharing Internet 3G di Ubuntu
    * Sharing Internet Pake WIFI
    * Apakah PC Router itu ?
    * Sinopsis Buku TIK SMA – KTSP

    Guest by Country
    View shoutbox
    ShoutMix chat widget

    Blog at WordPress.com. | Theme: Ocean Mist by Ed Merritt

  44. thanks.,.,s,.,s.,.s,.,s

  45. trims lgi

  46. matur tengkyu Om…semua tulisan yang terangkum dalam artikel ini, sangat membantu saya mengenal struktur komputer secara global

    trim’s ya Om

    -salam- ^_^

  47. bguz bnget mteriinya ..

  48. aaaaaaaaaa……….

  49. bagus banget penjelasannya!!!!!!!!!!…….

  50. om rudi
    tanx yaw atas infonya,tpi infony kurang lengkap

  51. baguuuuuuuuuuuuussssssssssssssss ……………..

  52. kurang banyak tuhhhhh

  53. juelek buanget

  54. :) kok bisa kayak gini ?

  55. raimu elek ;)

  56. JANCOK!!!!!Kurang lengkap!!!!! @ Ibu gila: Ibu, apa masalahn6ya jika anakmu suka naik motor mio???Gak nyambung sama TIK!!!GOBLOK!!!!

  57. [...] https://rudihd.wordpress.com/2007/06/13/perangkat-keras-komputer-process-device/ [...]

  58. TERIMA KASIH ATAS INFORMASINYA,TETAPI SANGAT SEDIKIT. TOLONG DI TAMBAH LAGIIIIIIIIIIIII

  59. apik….

  60. kurang lengkap

  61. Apa sajakah jenis jenis memory process itu ,, dan fungsinya …. ???

  62. terimakasih atas ilmu dan infonya…

  63. tukarand ae wong” ikhi
    cok cok

  64. [...] sebelum data akan ditampilkan atau output maka akan disimpan ke dalamoutput storage. Sumber : https://rudihd.wordpress.com/2007/06/13/perangkat-keras-komputer-process-device/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this [...]

  65. [...] Perangkat Keras Komputer – Process Device [...]

  66. […] https://rudihd.wordpress.com/2007/06/13/perangkat-keras-komputer-process-device/ […]

  67. […] https://rudihd.wordpress.com/2007/06/13/perangkat-keras-komputer-process-device/ […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: