Posted by: rudihd | November 3, 2008

Sharing Internet Pake WIFI

Mungkin cara ini sudah basi…, tapi gak ada salahnya kalau saya tampilkan dalam web blog ini.  Kita dapat menggunakan satu buah line internet digunakan bersama-sama dengan laptop / PC yang telah dilengkapi dengan WIFI.  Kebetulan saya mempunyai koneksi internet 3G, dan di rumah saya ada sebuah laptop dan satu buah PC yang telah memiliki Card Wireless. Koneksi 3G ini biasanya saya gunakan pada Laptop untuk berinternet, Pada saat yang bersamaan anak saya juga ingin menggunakan internet untuk mengerjakan tugas2 dari sekolahnya. Lalu saya coba untuk melakukan sharing internet di laptop saya agar dapat digunakan juga pada PC / Komputer yang digunakan anak saya. Dan saya coba utak-utak dilaptop pada Network connection, dan hasilnya saya dapatkan catatan2 sebagai berikut.

Setting share pada koneksi jaringan internet.
1. Jangan koneksikan dahulu internet, saya menggunakan 3G.
2. Klik Start – Control Panel – Network Connection.
3. Klik kanan Pada jaringan koneksi Internet (misl : Indosat 3G)
4. Klik Properties
5. Klik tab Advanced
6. Pada bagian Internet Connection Sharing, beri tanda cetang (ceklist) pada Allow other network usert to connect through this computer’s Internet connection, Pilih Wireless Network Connection  pada bagian Home Networking Connection.
7. Klik OK

Setting Jaringan Adhoc Computer to Computer (Peer to peer)
1. Klik Start – Control Panel – Network Connection
2. Klik kanan pada Wireless Network Connection
3. Klik tab Wireless Connection


4. Klik tombol Add
5. Tentukan network name (SSID) : misalnya : Internet-3G, network Authentication : Open, Data Encription : Disable. Jangan lupa perhatikan beri tanda centang pada This is a computer to computer (adhoc) network, wireless access point are not used.


6. Klik OK
7. Klik OK  

Koneksikan Komputer / Laptop kita yg sebagai Server Internet dan Pada Komputer Client yang belum terkoneksi Internet dengan cara :
1. Koneksikan dahulu jaringan Internet kita.
2. Klik Start – Control Panel – Network Connection
2. Klik kanan pada Wireless Network Connection
3. Klik View Available Wireless networks


4. Maka di sana akan ditampilkan nama jaringan wirelessnya : contoh Internet-3G.
5. Klik Connect.

Kalau kita cek IP pada jaringan Wireless komputer server internet, akan tertulis IP Addresss : 192.168.0.1 NetMask : 255.255.255.0

Kalau kita cek IP pada Jaringan Wireless komputer client, akan tertulis IP Address 192.168.0.? (? = angka 1 sd. 254). Net Mask : 255.255.255.0

Sekian semoga bermanfaat, kalau ada yg salah atau kurang mohon dikoreksi.


Responses

  1. Salam kenal n mohon izin kopi paste tulisannya untuk di blog saya dan saya save di komputer….

  2. saya tapi kalau misalnya dari 3G saya pengen pancarkan dengan acces point(untuk hotspot) bagaimmana caranya makasih. router AP saya menggunakan mikrotik.

  3. Salam kenal. pak guru. Ntar kalo udah punya laptop/kompie pengen belajar sama pak guru. Main ya, pak ke blog saya.

  4. siiipppp

  5. MAS KOK GAK BISA YA…???
    Ada tulisannya enable to share
    error gtu ??

    mohon sangat pencerahannya ?

  6. Klu d share k hp yg ad wifi bs gak mas, carany gmana?
    Thanks bgt neh ats bbrgi ilmuny…..

  7. wahhh…bermanfaat banget
    oh ya sharing nya di setting pake secure gmn?

  8. apa aja boleh

  9. mas mau nanya, kalo koneksi internetnya dari wifi bisa nggak kita sharing dengan komputer lain yang ada di jaringan kita yang pake kabel.

    trims

  10. aku kok gag paham ta?

  11. Kekurangan dari cara ini apaya…, apakah berpengaruh pada kecepatan akses internet…
    thanks before
    salam😀

  12. You post interesting articles here. Your blog deserves much bigger audience.

    It can go viral if you give it initial boost, i know very
    useful service that can help you, simply search in google:
    svetsern traffic tips


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: